RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan
Pendidikan : MI MIFTAHUL
AKHLAQIYAH SEMARANG
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas /
Semester : V ( Lima ) / 1 (
Ganjil )
Materi
Pokok : Peredaran Darah
Manusia
Alokasi Waktu : 1 X
35 Menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.
Kompetensi Dasar
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran
darah manusia.
C.
Indikator
- Mengidentifikasi alat peredaran
darah manusia
- Mengidentifikasi
bagian-bagian jantung dan pembuluh darah
D.
Tujuan Pembelajaran
o
Peserta didik dapat mengetahui alat peredaran darah manusia
o
Peserta didk mampu menyebutkan jenis alat peredaran darah manusia
o
Peserta didik dapat memahami bahwa jantung terdiri dari empat ruang
-
Serambi kiri
-
Serambi kanan
|
-
Bilik kiri
-
Bilik kanan
|
o
Peserta didik dapat memahami bahwa pembuluh darah ada dua jenis:
-
Pembuluh
Nadi (Arteri)
-
Pembuluh
Balik (Vena)
o
Siswa
dapat Memahami intilah
-
Aorta
-
Arteri
|
-
Pembuluh Balik
-
Pembuluh kapiler
|
E.
Materi Pembelajaran
Alat Peredaran Darah pada Manusia
Pada proses pernapasan manusia dihasilkan oksigen, sedangkan pada
proses pencernaan makanan dihasilkan sari-sari makanan. Oksigen dan sari-sari
makanan yang dibutuhkan oleh tubuh akan diedarkan ke seluruh tubuh melalaui
sistem peredaran darah.
1.
Alat
Peredaran Darah pada Manusia
Bagian
tubuh manusia yang berfungsi mengangkut dan mengedarkan oksigen serta sari-sari
makanan ke seluruh tubuh adalah darah. Peredaran darah dalam tubuh kita terjadi
melalui alat peredaran darah, yaitu jantung dan pembuluh darah.
a.
Jantung
Jantung
merupakan organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh melalui
pembuluh darah. Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran
jantung orang dewasa kira-kira sebesar kepalan tangan. Jantung manusia terdiri
atas empat ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik
kanan. Pada jantung, bilik kiri bertugas memompa darah ke seluruh tubuh,
sedangkan bilik kanan bertugas memompa darah ke paru-paru.
Dalam
keadaan normal jantung manusia berdenyut sebanyak 70 kali setiap menitnya.
Namun demikian, denyut jantung juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti
usia, jenis kelamin, dan kegiatan seseorang setiap harinya.
b.
Pembuluh
darah
Pembuluh
darah merupakan saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari
seluruh tubuh menuju jantung atau sebaliknya. Pembuluh darah dibedakan menjadi
dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Pembuluh nadi
merupakan pembuluh darah yang menyalurkan darah dari jantung. Lain halnya
dengan pembuluh balik yang merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah
menuju ke jantung.
c.
Paru-paru
Paru-paru
merupakan organ yang ikut berperan dalam sistem peredaran darah manusia. Darah
dari jantung yang sudah tidak mengandung oksigen diangkut menuju paru-paru.
Darah ini banyak mengandung karbon dioksida. Di dalam paru-paru, darah
melepaskan karbon dioksida dan mengikat oksigen. Darah yang telah mengandung
oksigen kemudian kembali mengalir ke jantung.
F.
Media Belajar
o Buku Paket IPA SD Kelas V
o LKS
IPA kelas 5 SD
o Video
dan gambar tentang sistem peredaran darah manusia
o Internet, LCD, Proyektor, Komputer
G.
Metode Pembelajaran
o Ceramah
o
Small Group Discussion
o Tanya
jawab
o Penugasan
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan (5
Menit)
v Guru memulai dengan
memberikan salam, menyapa siswa dan berdoa sebelum memulai pelajaran.
v Meminta siswa menyiapkan buku
IPA, membuka bab yang akan dipelajari
v Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan
tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
v Guru mengajukan pertanyaan singkat tentang sistem peredaran
darah manusia
v Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif
dalam pembelajaran.
- Kegiatan Inti (25 Menit)
& Eksplorasi:
F
Untuk
mengetahui pengetahuan peserta didik, guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan sistem peredaran darah manusia
F
Dengan
bimbingan guru, peserta didik secara berkelompok secara acak menjadi empat kelompok.
F
Guru menampilkan video dan gambar tentang sistem peredaran darah manusia
F
Peserta didik membuat catatan hasil pembahasan dan
penjelasan materi.
F
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk mengajukan
pertanyaan
& Elaborasi:
F Guru menggali pengetahuan peserta
didik tentang sistem peredaran darah
manusia
F Guru memberi tugas pada
kelompok agar mendiskusikannya
F Ketua kelompok menyerahkan
hasil diskusi kelompoknya
F Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
bertanya materi yang belum jelas.
F Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan
jawaban secara menyeluruh.
& Konfirmasi:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman
F
Dengan
Bimbingan guru, peserta didik merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar
yang telah dilakukan.
F
Guru
memotivasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
- Kegiatan Penutup (5 Menit)
F
Guru bersama peserta didik membuat
kesimpulan hasil pembelajaran.
F
Guru menilai/merefleksi kegiatan pembelajaran yang
sudah dilaksanakan
F
Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
F
Guru
menginformasikan materi di pertemuan
F
Guru
bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam pada
peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam.
I. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Mengidentifikasi alat peredaran
darah manusia melalui gambar.
|
Tugas Kelompok
|
Laporan
|
o
Jelaskanlah alat peredaran darah
manusia
o
Sebutkan jenis alat peredaran darah manusia!
o
Jelaskan bagian-bagian jantung!
o
Jelaskan macam-macam pembuluh darah!
o
Jelaskan apa yang disebut Aorta, Arteriol,
pembuluh kapiler dan pembuluh balik!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Guru
Pamong
Abdul
Rohman, S.Pd. I
NIP. -
|
|
Semarang
, 05 September 2017
Guru
Praktikan
Rikha
Umami
NIM.
1403096101
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Miftahul Arief, S.Pd.I
NIP: -
KELOMPOK :
ANGGOTA :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
DISKUSIKAN
TUGAS INI DENGAN TEMAN KELOMPOKMU!
1. Jelaskanlah alat
peredaran darah manusia!
2. Sebutkan jenis
alat peredaran darah manusia!
3. Jelaskan
bagian-bagian jantung!
4. Jelaskan
macam-macam pembuluh darah!
5. Jelaskan apa
yang disebut Aorta, Arteriol, pembuluh kapiler dan pembuluh balik!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar