Sabtu, 30 Desember 2017

CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK KELAS 5 SEMESTER 1 BERBASIS COOPERATIVE LEARNING


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Satuan Pendidikan          : MI MIFTAHUL AKHLAQIYAH SEMARANG
Mata Pelajaran                : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester              : V ( Lima )  / 1  ( Ganjil )
Materi Pokok                   : Kalimat Thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
Alokasi Waktu                 : 2 X 35 Menit

A.      Kompetensi Inti  

KI-1    Menerima dan menghayati ajaran agama Islam
KI-2    Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya.
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam.
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah.

B.       Kompetensi Dasar  dan Indikator

3.1              Memahami Allah SWT melalui kalimat Thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
4 .1      Melafalkan kalimat Thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)

C.  Indikator

3.1.1           Menjelaskan arti kalimat thoyyibah Thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
3.1.2           Menjelaskan arti kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
3.1.3        Menyebutkan manfaat mengucapkan kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan           Allahu Akbar)
4.1.1           Melafalkan kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)

D.  Tujuan Pembelajaran     

Melalui pendekatan mengamati, menanya, eksplorasi, asosiasi, dan komunikasi peserta didik mampu:
1. Menjelaskan arti kalimat thoyyibah  (Alhamdulillah dan Allahu Akbar) dengan benar.
2. Menjelaskan waktu yg tepat mengucapkan kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar) dengan percaya diri, baik, dan benar
             3.  Menyebutkan manfaat mengucapkan kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar) dengan jujur, baik, dan benar
              4.      melafalkan kalimat thoyyibah  (Alhamdulillah dan Allahu Akbar) dengan berani, baik, dan benar

E.       Materi Pembelajaran

     Kalimat thayyibah Alhamdulillaah
     Alhamdulillah artinya segala puji bagi Allah. Alhamdulillah disebut juga bacaan     tahmid. Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat thayyibah Alhamdulillah    adalah: ketika mendapatkan kenikmatan dari Allah swt., ketika terhindar dari musibah, ketika mendengar kabar gembira, setelah selesai melakukan suatu pekerjaan, ketika wirid selesai salat fardlu.

     Adapun hikmah membaca kalimat thayyibah Alhamdulillah adalah: dapat   memberatkan timbangan amal kebaikan, lebih banyak mengingat Allah, dan terhindar dari sifat sombong.
    
     Kalimat thayyibah Allaahu Akbar
     Allaahu Akbar artinya Allah Maha Besar, disebut juga bacaan takbir. Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat thayyibah Allaahu Akbar adalah: melihat, mendengar, atau merasakan kemahakuasaan Allah swt., teriakan di medan perang, ketika mengumandangkan takbir pada malam takbiran, ketika mengumandangkan adzan dan iqomat, pada waktu wirid setelah selesai salat fardlu, dan ketika melihat sesuatu yang luar biasa.
    
     Adapun hikmah membaca kalimat thayyibah Allaahu Akbar adalah selalu   mengingat kebesaran Allah, terhindar dari sifat sombong, dan mendapat pahala.

F.       Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan                  : Scientific
2.    Strategi                        : Cooperative Learning
3.    Metode                        : Ceramah Variasi, Tanya Jawab, Snowball,demonstrasi, penugasan

G.      Media dan Sumber Pembelajaran

1.      Media Pembelajaran
-       Kartu asmaul husna
-       Lembar soal yang telah dibentuk sepeti bola salju “snowball


2.    Sumber Belajar
1.    Buku Siswa Aqidah Akhlak MI Kelas 5
2.    Buku Guru Aqidah Akhlak MI Kelas 5
3.    LKS Qur’an Hadis MI kelas 5
4.    Buku lain yang relevan

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.   Guru mengkondisikan kelas (memberi salam dan menanyakan kabar)
2.   Guru meminta salah satu peserta didik memimpin doa
3.   Guru mengkomunikasikan kehadiran peserta didik
4. Guru membagi siswa ke dalam empat kelompok secara random dengan metode berhitung.
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi peserta didik, melalui tepuk semangat.



10 menit
Inti
5. Mengamati
  • Peserta didik mengamati bacaan teks di LKS penjelasan mengenai kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
  • Peserta didik mendengarkan ceramah guru tentang kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
6.   Menanya
·        Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya jika belum paham
  • Peserta didik bertanya jawab dengan teman sekelompok tentang kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
7.   Eksplorasi
ü Peserta didik aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model Snowball tentang kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Ø  Guru membagi siswa dalam empat kelompok
Ø  Guru memanggil masing-masing ketua kelompok dan memberikan penjelasan tentang materi.
Ø  Siswa kembali ke kelompok masing-masing dan menjelaskan materi yang diterima
Ø  Guru membagikan kertas yang sudah tertulis pertanyaan dan dibentuk bola
Ø  Siswa saling melemparkan bola selama 30 detik pertama dan kedua (Kegiatan snowball dilakukan sebanyak dua kali dengan soal yang berbeda)
Ø  Kegiatan snowball dilakukan sebanyak dua kali dengan soal yang berbeda.
8. Asosiasi      
  • Setelah masing-masing mendapat satu bola, perwakilan kelompok membacakan soal yang tertulis di kertas dan dilemparkan ke kelompok lain secara acak.
9. Komunikasi
  • Perwakilan kelompok yang ditunjuk menjawab pertanyaan yang telah tertulis di kertas








50 Menit

Penutup
10. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan secara bersama-sama
11. Guru memberikan tugas rumah
12. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam.


10 menit



I.         Penilaian

1.      Afektif
No.
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Sikap Hormat
Disiplin
Santun
BT
MB
BT
SM
BT
MB
BT
SM
BT
MB
BT
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.













2.













3.













Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT      : Mulai Terlihat
MB      : Mulai Berkembang
SM      : Sudah Membudaya 
Nilai = Jumlah Skor

2.      Kognitif
Berupa soal yang akan dijawab dalam Snowball
                             i.          Mengapa kita harus mengucapkan Hamdalah saat mendapat nikmat?
                           ii.          Kapan saat yang dianjurkan untuk mengucapkan hamdalah?
                         iii.          Apa terjemah dari kalimat “Alhamdulillah”?
                         iv.          Tuliskan kalimat hamdalah di papan tulis dan artinya!
                           v.          Apa terjemah dari kalimat “Allahu Akbar”?
                         vi.          Mengapa kita harus mengucapkan Takbir saat melihat hal yang luar biasa?
                       vii.          Kapan saat yang dianjurkan untuk mengucapkan hamdalah
                     viii.          Tuliskan kalimat takbir di papan tulis dan artinya!
Penugasan
Mengerjakan soal yang bersifat post-test dan dikerjakan di tempat (terlampir)

Nilai  =  





3.      Psikomotorik
Rubrik Penilaian Kemampuan Menjawab Soal

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup

Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kelengkapan

2.
Kelancaran




3.
Teliti




4.
Tanggung jawab






Nilai  =  



Mengetahui,
Guru Pamong




Abdul Rohman, S.Pd. I
NIP. -

Semarang , 01 Agustus 2017
Guru Praktikan




Rikha Umami
NIM. 1403096101


Mengetahui
Kepala Madrasah


Moh. Miftahul Arief, S. Pd. I
                                                NIP: -






NO. ABSEN              : .................................................................
NAMA                       : .................................................................
KELAS                      : .................................................................

TUGAS RUMAH

Kerjakan dengan jawaban yang benar!
Jawaban ditulis di kertas soal


1. Tulislah kalimat tahmid beserta terjemahnya!
2. Sebutkan waktu yang dianjurkan untuk membaca kalimat tahmid!
3. Tulislah kalimat takbir beserta terjemahnya!

4. Sebutkan waktu yang dianjurkan untuk membaca kalimat tahmid!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar