RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan
Pendidikan : MI MIFTAHUL
AKHLAQIYAH SEMARANG
Mata
Pelajaran : Aqidah
Akhlak
Kelas /
Semester : V ( Lima ) / 1 (
Ganjil )
Materi
Pokok : Kalimat
Thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
Alokasi Waktu : 2 X
35 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan menghayati ajaran agama Islam
KI-2 Memiliki akhlak
(adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama
dan lingkungannya.
KI-3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam.
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di
madrasah.
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
3.1
Memahami Allah SWT melalui kalimat Thoyyibah
(Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
4 .1 Melafalkan kalimat Thoyyibah
(Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
C.
Indikator
3.1.1 Menjelaskan arti kalimat thoyyibah Thoyyibah
(Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
3.1.2 Menjelaskan arti kalimat thoyyibah
(Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
3.1.3 Menyebutkan manfaat mengucapkan
kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu
Akbar)
4.1.1 Melafalkan kalimat thoyyibah
(Alhamdulillah dan Allahu Akbar)
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan mengamati,
menanya, eksplorasi, asosiasi, dan komunikasi peserta didik mampu:
1. Menjelaskan arti kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar) dengan benar.
2. Menjelaskan waktu yg tepat mengucapkan
kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan
Allahu Akbar) dengan percaya diri, baik, dan benar
3. Menyebutkan
manfaat mengucapkan kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar) dengan jujur, baik, dan benar
4.
melafalkan
kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan
Allahu Akbar) dengan berani, baik, dan benar
E.
Materi Pembelajaran
Kalimat thayyibah Alhamdulillaah
Alhamdulillah artinya segala puji bagi Allah. Alhamdulillah
disebut juga bacaan tahmid. Waktu yang
tepat untuk mengucapkan kalimat
thayyibah Alhamdulillah adalah:
ketika mendapatkan kenikmatan dari Allah swt., ketika terhindar dari musibah, ketika mendengar kabar gembira,
setelah selesai melakukan suatu pekerjaan,
ketika wirid selesai salat fardlu.
Adapun hikmah membaca kalimat
thayyibah Alhamdulillah adalah: dapat memberatkan
timbangan amal kebaikan, lebih banyak mengingat Allah, dan terhindar dari sifat sombong.
Kalimat thayyibah Allaahu Akbar
Allaahu Akbar artinya Allah Maha
Besar, disebut juga bacaan takbir. Waktu yang tepat untuk
mengucapkan kalimat thayyibah Allaahu Akbar adalah: melihat, mendengar, atau
merasakan kemahakuasaan Allah swt., teriakan di medan perang, ketika mengumandangkan takbir pada malam takbiran, ketika mengumandangkan adzan dan iqomat, pada waktu wirid setelah selesai salat fardlu, dan ketika melihat sesuatu yang luar biasa.
Adapun hikmah membaca kalimat
thayyibah Allaahu Akbar adalah selalu mengingat kebesaran
Allah, terhindar dari sifat sombong, dan mendapat pahala.
F.
Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative
Learning
3.
Metode :
Ceramah Variasi, Tanya Jawab, Snowball,demonstrasi, penugasan
G.
Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Media Pembelajaran
- Kartu asmaul husna
- Lembar soal yang
telah dibentuk sepeti bola salju “snowball”
2.
Sumber Belajar
1.
Buku Siswa Aqidah Akhlak MI Kelas 5
2.
Buku Guru Aqidah Akhlak MI Kelas 5
3.
LKS Qur’an
Hadis MI kelas 5
4.
Buku
lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengkondisikan kelas (memberi salam dan menanyakan kabar)
2. Guru meminta salah satu peserta didik memimpin doa
3. Guru mengkomunikasikan kehadiran peserta didik
4. Guru membagi siswa ke dalam
empat kelompok secara random dengan metode berhitung.
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi peserta didik,
melalui tepuk semangat.
|
10 menit
|
Inti
|
5. Mengamati
6. Menanya
· Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya
jika belum paham
7. Eksplorasi
ü Peserta
didik aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model Snowball tentang kalimat thoyyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar) dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Ø Guru
membagi siswa dalam empat kelompok
Ø Guru
memanggil masing-masing ketua kelompok dan memberikan penjelasan tentang
materi.
Ø Siswa
kembali ke kelompok masing-masing dan menjelaskan materi yang diterima
Ø Guru membagikan kertas yang sudah tertulis pertanyaan
dan dibentuk bola
Ø Siswa saling
melemparkan bola selama 30 detik pertama dan kedua
(Kegiatan snowball dilakukan sebanyak dua kali dengan soal yang berbeda)
Ø Kegiatan snowball dilakukan sebanyak dua kali dengan
soal yang berbeda.
8. Asosiasi
9. Komunikasi
|
50 Menit
|
Penutup
|
10. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan secara bersama-sama
11. Guru memberikan tugas rumah
12. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1. Afektif
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Sikap Hormat
|
Disiplin
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MB
|
BT
|
SM
|
BT
|
MB
|
BT
|
SM
|
BT
|
MB
|
BT
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
Membudaya
Nilai = Jumlah
Skor
|
2. Kognitif
Berupa soal yang akan dijawab dalam Snowball
i.
Mengapa kita harus mengucapkan Hamdalah saat
mendapat nikmat?
ii.
Kapan saat yang dianjurkan untuk mengucapkan
hamdalah?
iii.
Apa terjemah dari kalimat “Alhamdulillah”?
iv.
Tuliskan kalimat hamdalah di papan tulis dan
artinya!
v.
Apa terjemah dari kalimat “Allahu Akbar”?
vi.
Mengapa kita harus mengucapkan Takbir saat
melihat hal yang luar biasa?
vii.
Kapan saat yang dianjurkan untuk mengucapkan
hamdalah
viii.
Tuliskan kalimat takbir di papan tulis dan
artinya!
Penugasan
Mengerjakan soal yang bersifat post-test dan dikerjakan di tempat (terlampir)
Nilai =
|
3. Psikomotorik
Rubrik
Penilaian Kemampuan Menjawab Soal
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kelengkapan
|
|
|||
2.
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
3.
|
Teliti
|
|
|
|
|
4.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
Nilai =
Mengetahui,
Guru
Pamong
Abdul
Rohman, S.Pd. I
NIP. -
|
|
Semarang
, 01 Agustus 2017
Guru
Praktikan
Rikha
Umami
NIM.
1403096101
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Miftahul Arief, S. Pd. I
NIP:
-
NO. ABSEN :
.................................................................
NAMA :
.................................................................
KELAS :
.................................................................
TUGAS RUMAH
Kerjakan dengan jawaban yang benar!
Jawaban ditulis di kertas soal
1. Tulislah
kalimat tahmid beserta terjemahnya!
2. Sebutkan
waktu yang dianjurkan untuk membaca kalimat tahmid!
3. Tulislah
kalimat takbir beserta terjemahnya!
4. Sebutkan waktu yang dianjurkan untuk
membaca kalimat tahmid!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar