RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan
Pendidikan : MI MIFTAHUL
AKHLAQIYAH SEMARANG
Mata
Pelajaran : Al Qur’an
Hadits
Kelas /
Semester : V ( Lima ) / 1 (
Ganjil )
Materi
Pokok : Surah at Takasur
Alokasi Waktu : 2 X
35 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan menghayati ajaran agama Islam
KI-2 Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam
beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis,
Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah.
B.
Kompetensi Dasar
3.1
Mengetahui arti Q.S. al - Kafirun (109) dan al-Maun (107), dan at – Takasur( 102)
4.1
Membaca Q.S. al – Kafirun (109), al-Maun (107) dan at
- Takasur (102) secara
benar dan fasih
C. Indikator
3.1.1 Menunjukkan
arti kata Q.S at – Takasur (102)
3.1.2 Menerjemahkan Q.S at – Takasur (102)
4.1.1 Melafalkan Q.S at – Takasur (102) sesuai makharijul huruf secara fasih
4.1.2 Mendemontrasikan bacaan Q.S at – Takasur (102) sesuai ilmu tajwid
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan mengamati,
menanya, eksplorasi, asosiasi, dan komunikasi peserta didik mampu:
1. Menunjukkan arti kata surah at – Takasur (102) dengan benar
2. Menerjemahkan surah at – Takasur (102) dengan
benar
3. Melafalkan surah at – Takasur (102)sesuai makharijul huruf secara fasih
4. Mendemontrasikan
bacaan Q.S
at – Takasur (102) sesuai ilmu tajwid huruf secara benar.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Lafal Surah Q.S at –
Takasur (102)dan Terjemahnya
Terjemah Surah at
Takasur
1. Bermegah –
megahan telah melalaikan kamu
2. Sampai kamu
masuk ke dalam kubur
3. Sekali – kali
tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatan itu)
4. Kemudian
sekali – kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui
5. Sekali – kali
tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti
6. Niscaya kamu
benar – benar akan melihat neraka jahim
7. Kemudian
kamu benar – benar akan melihatnya
dengan mata kepala sendiri
8. Kemudian kamu
benar – benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan(yang megah di dunia
ini)
2. Isi Pokok
Kandungan Surah
at Takasur
1. At
Takasur artinya bermegah - megahan
2. Surah at Takasur
terdiri 8 ayat
3. Surah at Takasur
termasuk surat makiyah karena diturunkan di kota Makah
4. Surah at
Takasur berisi larangan menumpuk - numpuk harta sehingga lupa diri atas karunia
Allah dan tidak mau peduli terhadap sesama
F.
Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Active
Learning
3.
Metode :
Ceramah Variasi, Tanya Jawab, Talking Stick
G.
Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Media Pembelajaran
- Stik yang terbuat
dari kertas
- Lembar soal
2.
Sumber Belajar
1.
Buku Siswa Qur’an Hadis MI Kelas 5
2.
Buku Guru Qur’an Hadis MI Kelas 5
3.
LKS Qur’an
Hadis MI kelas 5
4.
Buku
lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengkondisikan kelas (memberi salam dan menanyakan kabar)
2. Guru meminta salah satu peserta didik memimpin doa
3. Guru mengkomunikasikan kehadiran peserta didik
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi peserta didik,
melalui tepuk semangat.
|
10 menit
|
Inti
|
5. Mengamati
6. Menanya
·
Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya
jika belum paham
7. Eksplorasi
·
Peserta didik melafalkan Surah at Takasur secara bersama-sama
·
Dengan metode talking stick, peserta didik
menyanyikan lagu “disini senang” sambil melakukan estafet
8. Asosiasi
9. Komunikasi
|
50 Menit
|
Penutup
|
10. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan secara bersama-sama
11. Guru memberikan tugas rumah
12. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1. Afektif
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Sikap Hormat
|
Disiplin
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MB
|
BT
|
SM
|
BT
|
MB
|
BT
|
SM
|
BT
|
MB
|
BT
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
Membudaya
Nilai = Jumlah
Skor
|
2. Kognitif
Berupa soal yang akan dijawab dalam Talking Stick
i.
Dimana Surah At Takasur diturunkan?
ii.
Surah at Takasur diturunkan setelah surah apa?
iii.
Ada berapa jumlah Surah at Takasur?
iv.
Apa arti Surah at Takasur?
v.
Apa terjemah Surah at Takasur ayat 1?
vi.
Lafalkan Surah at Takasur ayat ke 3!
vii.
Apa terjemah Surah at Takasur ayat ke 6?
viii.
Lafalkan Surah at Takasur ayat ke 7?
ix.
Surah at Takasur diturunkan sebelum surah apa?
x.
Lafalkan Surah at Takasur ayat ke 4?
Penugasan
Mengerjakan tugas rumah mengerjakan LKS halaman 26 di kertas HVS
Nilai =
|
3. Psikomotorik
Rubrik
Penilaian Kemampuan Menjawab Soal
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kelengkapan
|
||||
2.
|
Kelancaran
|
||||
3.
|
Teliti
|
||||
4.
|
Tanggung jawab
|
Nilai =
Guru
Pamong
Abdul
Rohman, S.Pd. I
NIP. -
|
Semarang
, 11 Agustus 2017
Guru
Praktikan
Rikha
Umami
NIM.
1403096101
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Miftahul Arief, S. Pd. I
NIP:
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar