Selasa, 27 Januari 2015

Pengertian Ilmu Pendidikan Islam


Pendidikan merupakan suatu system dan proses yang melibatkan berbagai komponen. Komponen-komponen tersebut adalah komponen tujuan, pendidik, peserta didik, alat, lingkungan, kurikulum dan evaluasi. Antar satu komponen dan komponen lain saling bekerja sama dalam mencapai tujuan.[1]
Adapun ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode-metode tertentu yang bersifat ilmiah. Ada lagi yang mengemukakan, ilmu adalah suatu rangkain yang tersusun secara lengkap tentang suatu keberadaan, tentang segi-segi dari keberadaan tertentu.

Sedangkan mengenai pengertian pendidikan islam adalah pendidikan yang bertujuan membentuk individu menjadi makhluk yang bercorak diri, derajat tinggi menurut Allah dan isi pendidikannya untuk mewujudkan tujuan itu adalah ajaran Allah. Menurut Musthafa Al-Ghulayaini, pendidikan islam ialah menanamkan akhlak yang mulia didalam jiwa anak dalam masa pertumbuhannya dan menyiraminya dengan air petunjuk dan nasihat, sehingga akhlak itu menjadi salah satu kemampuan (meresap dalam) jiwanya, kemudian buahnya berwujud keutamaan, kebaikan dan cinta bekerja untuk kemanfaatan tanah air. [2]
Dengan demikian, ilmu pendidikan islam ialah uraian secara sistematis dan ilmiah tentang bimbingan atau tuntunan pendidik kepada anak didik dalam perkembangannya agar tumbuh secara wajar berpribadi muslim. Adapun persoalan-persoalan pokok yang dibicarakan dalam ilmu pendidikan islam ialah: Apa pendidikan Islam itu, apa tujuan yang akan dicapai, siapa anak didiknya, dan siapa pua pendidik dalam pendidikan Islam serta bagaiman pelaksanaan pendidikan Islam itu?[3]



[1] Drs. Bukhari Umar, M.Ag, Ilmu Pendidikan Islam, Amzah, 2010, hal. 51
[2] Drs. H.M. Sudiyono,  Ilmu Pendidikan Islam jilid I, Rineka Cipta, 2009, hal. 7-9
[3] Dr. Hj. Nur Uhbiyati, M.Pd, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam, Pustaka Rizki Putra, 2013, hal. 33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar